Mahasiswa kunjungi masjid, vihara dan gereja untuk studi antara agama

Mahasiswa kunjungi masjid, vihara dan gereja untuk studi antara agama

Feb 15, 2019

NUSA TENGGARA TIMUR, Indonesia: Seramai 12 mahasiswa orang Pasca Sarjana Sekolah Tinggi Filsafat Katolik (STFK) Ledalero Flores yang terdiri dari 10 calon imam SVD, Somascan, Karmel, Diosesan dan Camillian, serta dua orang awam, datang ke Pura Waidoko, Vihara Maumere, GPPS Maranatha Maumere, Masjid Geliting dan GMIT Kewapante.

Silaturahmi studi antara iman di Maumere, 7 Februari 2019, itu merupakan implementasi mata kuliah Ilmu Perbandingan Agama, jelas pensyarah Ilmu Perbandingan Agama di STFK Ledalero, Father Hendrik Maku SVD yang menyertai para mahasiswa itu.

“Mahasiswa pasca sarjana semester dua ini tidak hanya belajar dengan teori dari ruang kuliah dan perpustakaan tetapi diperkaya dengan narasumber dari setiap pimpinan agama, sehingga mereka bukan sahaja berbicara ‘tentang’ tetapi berbicara ‘dengan’,” jelas imam itu.

Dalam kunjungan ke Pura Agung Waidoko, para mahasiswa disambut oleh I Gusti Agung Ayu Trisna Putri yang merupakan Guru Pasraman Indrakila dan Penyuluh Agama Hindu di Sikka, serta oleh Pemangku Pura Agung Waidoko Mangku I Ketut Nepo.

Dalam agama Hindu, jelas I Gusti Agung Ayu, tiga hal utama untuk mencapai kesempurnaan hidup adalah hubungan manusia dengan alam dan lingkungannya, manusia dengan sesama dan manusia dengan Tuhan. “Jika hubungan ketiga-tiganya dilaksanakan secara berimbang dan tidak mengabaikan yang lain, maka kesempurnaan hidup akan diperoleh,” jelasnya.

Stevanus, seorang pemimpin agama Buddha pula menyeru para mahasiswa agar selalu berguru dari para Nabi. “Para Nabi tidak pernah meminta wang dari kita. Mereka berusaha mewartakan Firman kepada manusia supaya kita berjalan di jalan benar. Kenapa Tuhan menciptakan iblis dan setan? Untuk menguji kita manusia apakah kita setia kepada Tuhan atau tidak. Mari kita luruskan hati supaya jangan goyah dengan menjalankan ajaran-Nya,” ujar Stevanus. — pen@katolik.com

Total Comments:0

Name
Email
Comments