Membaca Alkitab dengan Lectio Divina

“Lectio divina” bererti bacaan ilahi atau bacaan rohani. Bacaan ilahi/ rohani ini terutama diperoleh dari Kitab Suci. Ia adalah cara berdoa dengan membaca dan merenungkan Kitab Suci untuk mencapai persatuan dengan Tuhan Tritunggal.

Jan 15, 2021

“Lectio divina” bererti bacaan ilahi atau bacaan rohani. Bacaan ilahi/ rohani ini terutama diperoleh dari Kitab Suci. Ia adalah cara berdoa dengan  membaca dan merenungkan Kitab Suci untuk mencapai persatuan dengan Tuhan Tritunggal.

Di samping itu, dengan berdoa sambil merenungkan Sabda-Nya, kita dapat semakin memahami dan meresapkan Sabda Tuhan dan misteri kasih Tuhan yang dinyatakan melalui Kristus Putera-Nya.

Melalui Lectio divina, kita diajak untuk membaca, merenungkan, mendengarkan, dan akhirnya berdoa ataupun menyanyikan pujian yang berdasarkan sabda Tuhan, di dalam hati kita.

Lectio divina bermaksud untuk menerapkan Sabda Tuhan dalam kehidupan kita, agar  hidup kita baik dan taat kepada perintah Tuhan.

Langkah-langkah lectio divina adalah seperti berikut:

1. Ambillah sikap doa, bawalah diri kita dalam hadirat Tuhan. Resapkanlah kehadiran Tuhan di dalam hati kita. Mohonlah agar Tuhan sendiri memimpin dan mengubah hidup kita melalui bacaan Kitab Suci hari itu.

2. Mohonlah kepada Roh Kudus untuk membantu kita memahami perikop itu dengan pengertian yang benar.

3. Baca petikan Kitab Suci tersebut secara  perlahan dan jika mungkin ulangi lagi sampai beberapa kali.

4. Renungkan untuk beberapa minit, akan satu kata atau ayat atau hal-hal yang disampaikan dalam petikan  tersebut dan tanyakanlah kepada diri kita sendiri, “Apakah yang diajarkan atau disampaikan oleh Tuhan kepada saya?

5. Tutuplah doa dengan satu atau lebih resolusi/ keputusan praktis yang akan kita lakukan, dengan menerapkan pokok-pokok ajaran yang disampaikan dalam perikop tersebut di dalam hidup dan keadaan kita sekarang ini. –– Katolisitas

Total Comments:0

Name
Email
Comments