Mengapa berdoa? Kerana ia sangat membahagiakan — Sri Paus

Dalam audiensi mingguannya pada 13 Mei, Sri Paus Fransiskus berbicara khusus tentang erti doa dan mengapa kita harus berdoa.

May 16, 2020

ROM: Dalam audiensi mingguannya pada 13 Mei, Sri Paus Fransiskus berbicara khusus tentang erti doa dan mengapa kita harus berdoa.

Sri Paus menyebutkan karakter doa sebagai “universal, intim, dan sepenuhnya percaya pada Tuhan.”

Uskup Roma itu mengatakan doa adalah hal yang umum bagi semua orang, dalam agama apapun,  bahkan mungkin juga bagi mereka yang tidak memiliki agama.

Sebelum itu, Sri Paus Fransiskus mengulangi ajakannya untuk berdoa, berpuasa dan beramal bagi mengakhiri pandemik coronavirus pada 14 Mei.

Dalam katekesisnya, Sri Paus Fransiskus mengatakan doa melibatkan misteri yang paling intim dari keberadaan kita. Para penulis Kristian selalu mengatakan doa lahir dalam kerahsiaan keberadaan kita, di tempat terdalam kita yang disebut hati.

“Emosi, kecerdasan, dan tubuh kita semua berpartisipasi dalam  doa, meskipun doa tidak dapat diidentifikasi dengan satu aspek keberadaan kita.Setiap bahagian dari manusia berdoa,” katanya.

Bapa Suci mengatakan doa adalah kerinduan yang membawa kita melampaui diri kita sendiri ketika kita mencari “yang lain”. Ini menyangkut “Aku” yang mencari “Engkau.”

Beliau mengatakan doa seorang Kristian dimulai dengan wahyu bahawa “Engkau” yang kita cari tidak terselubung dalam misteri.

“Doa orang Kristian berhubungan dengan Tuhan yang wajahnya paling lembut, yang tidak ingin menanamkan rasa takut pada lelaki dan wanita,” kata Sangti Papa  dalam katekesisnya.

Ini adalah karakteristik pertama doa Kristian, jelasnya. Dia mengatakan bahawa agama Kristian telah meninggalkan hubungan dengan Tuhan dalam bentuk hubungan “feudal”.

“Dalam warisan iman kita, ekspresi seperti penundukan, perhambaan atau feudal tidak ada. Yang ada adalah kata-kata seperti perjanjian, persahabatan, persekutuan dan kedekatan,” katanya.

“Tuhan adalah teman, sekutu, mempelai laki-laki. Seseorang dapat membangun hubungan yang dibangun atas dasar kepercayaan dengan-Nya dalam doa,” tambahnya. --ucanews.com

Total Comments:0

Name
Email
Comments