Menteri Agama, Imam Muslim hadiri UTK Ke-212 Keuskupan Agung Jakarta

Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) merayakan hari ulang tahun (HUT) ke-212 dengan acara “Jalan Santai Kerukunan dan Kemajmukan Antara-Agama” yang disertai lebih 3,000 umat Katolik dan penganut agama lain.

May 19, 2019

JAKARTA: Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) merayakan hari ulang tahun (HUT) ke-212 dengan acara “Jalan Santai Kerukunan dan Kemajmukan Antara-Agama” yang disertai lebih 3,000 umat Katolik dan penganut agama lain.

Sejarah KAJ bermula pada 1807 ketika Prefektur Apostolik Batavia dibentuk.

Dalam acara yang berlangsung pada 4 Mei tersebut peserta — sebahagian mengenakan baju daerah — berjalan sejauh 3.5 Kilometer.

Kegiatan yang diwarnai oleh penampilan lagu qasidah, Barongsai, ondel-ondel dan reog itu juga dihadiri oleh beberapa pegawai kerajaan dan tokoh agama.

“Kehadiran Saudara dan Saudari sekalian memberi semangat. Dan kami berbesar hati untuk melanjutkan usaha kami untuk tahun ini: mengamalkan prinsip keempat Pancasila yang kita rumuskan dengan semboyan ‘Kita Berhikmat, Bangsa Bermartabat,’” kata Uskup Agung Jakarta, Msgr Ignatius Suharyo Hardjoatmodjo Pr dalam ucapan alu-aluannya.

Father Antonius Suyadi Pr, ketua Komisi Hubungan Antara Agama dan Kemasyarakatan KAJ, mengatakan acara itu bertujuan mempererat kerukunan antara agama dan juga untuk mengucap syukur atas selesainya pemilihan presiden dan pemilihan anggota legislatif bulan lalu.

“Semoga (kegiatan) ini menjadi tanda persaudaraan sejati sebagai sebahagian dari kehidupan berbangsa dan bernegara,” katanya.

Jalan santai antara agama itu dibuka secara rasmi oleh Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin dengan didampingi oleh Msgr Suharyo, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignatius Jonan dan Imam Besar Masjid Istiqlal. -- ucanews.com

Total Comments:0

Name
Email
Comments