Kenali Santo Sta Maria Magdala

Maria Magdalena berasal dari Magdala, dekat Danau Galilea. Sebahagian orang mengenalinya sebagai seorang pendosa besar ketika dia pertama kali berjumpa dengan Yesus.

Jul 15, 2016

Sta Maria
Magdala
~ 22 Julai ~

Maria Magdalena berasal dari Magdala, dekat Danau Galilea. Sebahagian orang mengenalinya sebagai seorang pendosa besar ketika dia pertama kali berjumpa dengan Yesus. Maria Magdalena seorang yang amat cantik dan dia bangga akan kecantikannya itu.

Tetapi, setelah berjumpa dengan Yesus, Maria merasakan penyesalan yang mendalam atas hidupnya yang jahat. Ketika Yesus pergi ke rumah seorang kaya bernama Simon untuk suatu perjamuan makan, Maria datang dan menangis di kaki-Nya.

Kemudian, dengan rambutnya yang panjang serta indah, dia mengeringkan kaki Yesus dan meminyakinya dengan minyak wangi yang mahal harganya.

Orang-orang merasa hairan melihat Yesus membiarkan seorang pendosa seperti Maria menyentuh-Nya. Yesus tahu apa sebabnya. Dia dapat melihat ke dalam hati Maria. Yesus berkata, “Dosanya yang banyak itu telah diampuni, sebab dia telah banyak berbuat kasih.” Kemudian Yesus berkata dengan lembut kepada Maria. “Imanmu telah menyelamatkan kamu. Pergilah dalam damai."

Sejak saat itu, bersama para perempuan kudus lainnya, Maria dengan rendah hati melayani Yesus dan para rasul-Nya. Ketika Yesus disalibkan, Maria ada di sana; di bawah kaki salib. Dia tinggal di sana bersama Santa Perawan Maria dan St. Yohanes tanpa takut akan keselamatannya sendiri.

Satu-satunya hal yang difikirkannya ialah Tuhan-nya sedang amat menderita. Tidaklah hairan jika Yesus berkata tentang Maria: “Dia telah banyak berbuat kasih.”

Setelah tubuh Yesus dibaringkan dalam makam, pagipagi benar pada hari Minggu Paskah Maria pergi untuk membubuhi tubuh Yesus dengan rempah-rempah. Dia sangat terkejut mendapati makam Yesus telah kosong. Kerana tidak menjumpai tubuh-Nya yang kudus, Maria mulai menangis.

Tiba-tiba dia melihat seseorang yang disangkanya seorang tukang kebun. Maria bertanya kepadanya apakah sia tahu di mana gerangan tubuh Tuhan-nya yang terkasih diletakkan. Kemudian lelaki itu berbicara dengan suara yang dikenalnya betul: “Maria!” Dia-lah Yesus, berdiri tepat di hadapannya! Yesus telah bangkit dari antara orang mati.

Dan Dia memilih untuk menyatakan diri-Nya pertama kali kepada Maria. Injil menceritakan bagaimana Maria diutus oleh Tuhan sendiri untuk mewartakan Khabar Gembira kebangkitan kepada Petrus dan para rasul.

Total Comments:0

Name
Email
Comments