Kenali Santo Anda: Santo Eulogius dari Sepanyol

Santo Eulogius dari Sepanyol ~ 11 Mac ~

Mar 08, 2019

Santo Eulogius dari Sepanyol
~ 11 Mac ~ 

St Eulogius hidup padKenali Santo Anda Santo Eulogius dari Sepanyol ~ 11 Mac a abad kesembilan. Keluarganya terpandang dan belia berpendidikan yang baik.

Eulogius sangat suka mem- baca dan mendalami Kitab Suci. Hal ini membantunya mencintai Sabda Tuhan dan selalu rindu untuk mewartakan Sabda Tuhan kepada semua orang. Ketika dewasa, beliau menjadi seo- rang imam dan menjadi pemimpin sebuah sekolah yang terkenal.

Pada masa itu, kaum Muslim telah menakluki Sepanyol. Mereka menentang penganut Kristian malah berusaha membuat orang Kristian meninggalkan iman mereka. Jika menolak men- gubah agama, orang itu dima- sukkan ke dalam penjara malah dibunuh.

Eulogius dan uskupnya di penjara bersama ramai pen- ganut Kristian yang lain. Di penjara, Eulogius membaca Kitab Suci dengan tekun demi memberi semangat kepada para tawanan lain.

Dengan mendengar Sabda Tuhan, rasa gentar mereka pun lenyap.Mereka tidak lagi takut untuk mati bagi Yesus. Pada masa itulah, St Eulogius menulis sebuah buku yang mendorong umat Kristian untuk lebih memilih mati dari- pada mengingkari iman mere- ka yang kudus.

Orang kudus ini sendiri, lebih dari segalanya, rindu menjadi seorang martir. Namun, Eulogius dibebaskan dari penjara meskipun dia sanggup bertahan dalam pen- jara demi iman.

Setelah dibebaskan, St Eulogius mulai berkhutbah dan mempertobatkan ramai orang. Hal ini membuat para bekas penawannya menjadi sangat marah hingga mereka menangkapnya kembali.

Di hadapan pengadilan, St Eulogius dengan gagah berani memaklumkan bahwa Yesus adalah Tuhan. Eulogius dijatuhi hukuman mati dan orang kudus itu mempersem- bahkan hidupnya bagi Yesus. Beliau meninggal dunia pada tahun 859.

Sabda dari Kitab Suci adalah kekuatan dan penghiburan bagi martir kita ini dan bagi mereka yang dianiaya bersamanya. Adakah ayat tertentu dari Kitab Suci yang memiliki makna istimewa bagi kita?

Total Comments:0

Name
Email
Comments