Perhimpunan para Paderi Papua angkat tema penyelamatan dan keluarga

Perhimpunan para Paderi Papua angkat tema penyelamatan dan keluarga

Jul 13, 2018

PAPUA, Indonesia: Ratusan imam diosesan (Projo) di lima keuskupan yang bernaung di wilayah Papua dan Papua Barat telah mengadakan Temu Unio Regio (TUR) Papua di Timika, Kabupaten Mimika pada 9-16 Julai lalu.

Jurucakap Unio Regio Papua, dan juga sebagai Ketua Unio Gereja Katolik Keuskupan Timika, Father Domin D Hodo Pr, di Timika, mengatakan, kegiatan TUR Papua V/2018 merupakan kegiatan rutin dua tahunan para imam diosesan yang berkarya di lima keuskupan yang ada di Wilayah Papua dan Papua Barat.

Fr Domin menjelaskan pertemuan rutin dua tahunan itu berlangsung selama seminggu dan para paderi menghayati tema besar “Imam Beraroma Tungku Api”, dengan sub temanya,” Imam projo Papua bersama umat dalam semangat gerakan tungku api keluarga sebagai gerakan penyelamatan manusia dan alam Papua menuju Gereja yang solider dengan duka dan kecemasan umat manusia di tengah pluralisme.”

Tema tersebut, menurut Fr Domin, adalah menyokong Gerakan Tungku Api yang dicetus Uskup Keuskupan Timika, Msgr Jhon Philip Saklil ketika menjabat sebagai ketua PSE KWI dan telah dibahas oleh lima uskup di Papua sebagai gerakan bersama di wilayah pelayanan masing-masing.

Gerekan Tungku Api bertujuan melindungi masyarakat, khususnya masyarakat adat orang asli Papua untuk memiliki upaya dalam menghidupi kehidupan mereka dengan semangat dalam mengusahakan kesejahteraan hidup mereka. — ucanews.com

Total Comments:0

Name
Email
Comments