Uskup Korea dilantik jadi ketua Kongregasi Klerus

Sri Paus Fransiskus mengangkat Uskup Lazarus You Heung-sik dari Daejeon, Korea, sebagai prefek baru Kongregasi Klerus di Vatikan.

Jun 18, 2021

SEOUL: Sri Paus Fransiskus mengangkat Uskup Lazarus You Heung-sik dari Daejeon, Korea, sebagai prefek baru Kongregasi Klerus di Vatikan.

Uskup berusia 69 tahun itu adalah orang Korea pertama yang  memimpin sebuah kongregasi Vatikan. Pelantikan itu diumumkan  pada 11 Jun lalu. 

Uskup You menggantikan Kardinal Beniamino Stella dari Itali yang memimpin dikasteri yang bertanggung jawab untuk mengawasi para  imam dan diakon diosesan di seluruh dunia sejak 2013.

Uskup You menjadi prelatus  Asia kedua yang mengetuai Kongregasi Klerus, selepas Kardinal José Tomás Sánchez dari Filipina, yang memimpin dikasteri itu dari  tahun 1991 hingga 1996.

Prelatus itu juga menjadi orang Asia kedua yang sekarang memimpin salah satu dari sembilan kongregasi Vatikan, bersama Kardinal Luis Antonio Tagle, prefek Kongregasi untuk Evangelisasi Bangsa-bangsa atau yang lazim disebut  Propaganda Fide.

Lahir di kota Nonsan pada 17 November 1951, Uskup You ditahbiskan menjadi imam Keuskupan  Daejeon pada 9 Dis, 1979.

Sebelum dilantik menjadi prefek kongregasi itu, Uskup You adalah ketua Komiti Perdamaian Konferensi para Uskup Korea dan telah  melakukan perjalanan ke Korea  Utara sebanyak empat kali.

Sri Paus Fransiskus telah melakukan beberapa perjalanan ke  Asia sejak terpilih menjadi Sri  Paus tahun 2013. 

Bapa Suci meminta pengawasan terhadap Kongregasi untuk Klerus  menjelang transisi kepemimpinan kepada Uskup You.

Sangti Papa meminta hal serupa ke Kongregasi Ibadah Ilahi  sebelum beliau melantik prefek  yang baharu, Uskup Agung Arthur Roche. — LiCASnews

Total Comments:0

Name
Email
Comments